Jumat, 29 Januari 2016

Berjalan Dalam Perkenanan Tuhan


Yosua 1:7

“Hanya kuatkan dan teguhkan hatimu, dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi”


Kenapa masih ada orang yang tidak beruntung ?

Kita belajar dari Daud, sebelum mengalahkan goliat dan menjadi Raja. Ia adalah seorang gembala dari 2-3 ekor domba. Musuh dari domba-domba itu adalah singa. Secara logika, mengapa domba yang hanya 2-3 ekor musuhnya sebesar singa ? Rasanya gak masuk akal. Tapi dibalik itu Tuhan sedang mempersiapkan Daud untuk rencana-Nya yang besar.

Tidak ada orang yang tiba-tiba pintar kalau gak pernah berlatih dan belajar. Gak ada orang jadi sabar banget kalau gak  berusaha mengontrol emosinya. Begitu juga dengan Daud, dia gak bisa mengalahkan Goliat jika tidak belajar menghalau singa-singa itu. Selain itu Daud orang yang setia. Berapa pun domba yang ada, Daud tetap sungguh-sungguh mengejarkan tugasnya.

Jadi, kalau ada yang bilang kenapa masih ada orang gak beruntung sebenarnya bukan gak beruntung. Tuhan sedang mempersiapkan seseorang itu untuk terima tugas yang lebih besar lagi. Tuhan sedang melatih agar manusia yang dipilihNya bertumbuh di dalam iman dan kesetiaan.


Yakinlah, God's favor itu ujungnya keberutungan.


Ciri atau hal apa saja yang harus kita lakukan supaya mengalami perkenanan Tuhan ?

1. Yosua 1:7a
"Hanya kuatkan dan teguhkan hatimu, dengan sungguh-sungguh"
Arinya : Harus mnjaga hati kita dengan baik. Apa yang ada di hati kita, itulah yang terpancar di kehidupan kita (Amsal 4:23).

 2. Yosua 1:7b
"bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa"
Artinya : Kita itu domba. Ciri domba adalah lemah, perlu dituntun. kenapa gembala jalannya di depan ? Supaya bisa menuntun dombanya. Seoarang gembala juga mengendong dombanya, kalau bandel, sakit. Tujuannya di gendong supaya domba makin dekat dengan gembala. Gitu juga kita. Tuhan akan gendong kita waktu kita mulai tertatih-tatih jalannya, mengobati kita sakit, supaya kita makin dekat sama Tuhan dan terus mengandalkanNya. Satu kata, hati-hati. Tanya Tuhan dulu apapun yang ingin kita kerjakan.

3. Yosua 1:7c
" janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri.."
Artinya : Jadilah orang gak hanya percaya tapi bisa dipercaya oleh Tuhan. Lakukan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Memiliki intregitas yang tinggi.

Yohanes 15:2
"Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah

Setiap kita memiliki kesempatan yang diberikan Tuhan untuk memperbaiki diri, memaksimalkan potensi, dan menjadi berkat bagi banyak orang.

*Firman Tuhan yang memberkati aku hari ini*

God Bless You.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar