Senin, 14 September 2020

Cara Ampuh Memikat Pembeli Ikan Cupang

 

@dave_betta


Siapa yang tak tau ikan cupang ?

Itu loch ikan yang biasa dicari anak kecil untuk diadu. Kini, ikan cupang bukan saja untuk diadu namun dipelihara dan diperlihatkan keindahan atau kecantikan dari mulai warna, ekor, dan siripnya.

Kepopuleran ikan cupang semakin meningkat tak kala pandemic melululantahkan seluruh Negara, termasuk Indonesia.  Tak sekedar populer namun sangat menjanjikan untuk dijadikan bisnis di era pandemic ini.

Bayangkan !

Seekor ikan cupang bisa terjual hingga 21 juta.

Kalau 5 ekor ?

10 ekor ?

20 ekor ?

100 ekor ?

Woh, siap-siap jadi Sultan deh !

 

Mengapa Ikan Cupang ?


1.      Pemeliharaan Tidak Susah

Ikan cupang bisa ditempatkan di aquarium kecil ukuran 20 x 20 x 15 cm atau botol plastik ukuran 1.5 liter. Ekonomis dan hemat tempat bukan ?

2.      Ikan Cupang Itu Unik

Berbeda dari zaman dahulu, ikan cupang sekarang banyak jenisnya. Setidaknya ada tiga jenis golongan ikan cupang, yaitu : cupang hias, cupang aduan, dan cupang aduan. Semakin indah ikan tersebut semakin nilai jualnya tinggi.

3.      Banyak Manfaatnya

Selain dijadikan bisnis, ikan cupang memberi manfaat lain, salah satunya, mengurangi stress. Apalagi di masa karantina ini, dari beribadah, bekerja, sekolah, sampai liburan pun harus dilakukan di rumah aja. Pastinya membuat jenuh bahkan stress bukan ? Dengan memelihara ikan cupang, kadar stress menurun karena melihat keindahan ikan cupang yang berenang kian kemari di aquarium. Fantastis!


Selanjutnya, apakah yang perlu kamu lakukan agar calon pembeli semakin terpanah dengan ikan cupangmu ?


1.      Miliki visi dan misi yang kuat

Ibaratnya mau bangun rumah kamu perlu fondasi dong. Begitu pula dengan membangun sebuah bisnis. Kamu perlu menemukan, mengerti, dan membangun visi misi untuk bisnismu.

Visi itu apa : Visi adalah serangkaian kalimat yang berisi kemampuan penglihatan, pengamatan, tujuan besar di masa depan dan tidak bergantung dengan keadaan saat ini. Sederhananya visi adalah, tujuan, cita-cita, atau hal yang ingin kamu lakukan untuk masa depan.

Misi itu apa : Misi adalah proses atau langkah-langkah penjabaran dari visi yang kamu buat. Biasanya, terdiri dari beberapa poin atau kalimat dan untuk masa kini. Misi bisa berubah jika dalam prosesnya tidak mendukung atau sejalan dengan visi kamu.

Dengan memiliki visi dan misi dalam bisnis akan menolong kamu mengarahkan jalannya bisnismu.

 

2.      Tentukan Jenis Ikan Cupang

Kamu bisa mulai memilih jenis ikan cupang apa yang kamu jadikan bisnismu. Contohnya jenis ikan cupang hias. Ikan cupang ini memiliki beberapa jenis lagi, misalnya Halfmoon, Double Tail, Plakat Halfmoon dan Giant. Pilih satu atau dua jenis ikan cupang agar bisnismu semakin fokus dan membangun kepercayaan peminat ikan cupang semakin tinggi.

 

3.      Jujur, Ramah, dan Rendah Hati

Mungkin ini yang sering terabaikan sebagai seorang pembisnis. Selain mencari cuan, bisnismu perlu memiliki sikap kejujuran, ramah, dan rendah hati. Ini salah satu cara membangun kepercayaan pembeli terhadap bisnismu. Ketika kamu melakukan pelayananan terbaik, pembelimu akan mengingat bisnis kamu dan tak menutup kemungkinan adanya peluang baru. Keren kan ?

  

4.      Konsistensi

Di era milenials, konsistensi menjadi sulit dilakukan karena banyaknya pilihan dan informasi sehingga membuat bosan dan tidak fokus. Ibarat sebuah pohon, kalau tidak rajin disirami, diberi pupuk, pohon tersebut tidak akan bertumbuh. Demikian dengan membangun bisnis ikan cupang, kamu perlu merawat ikan-ikanmu, dari memilih jenis makanan, memberi vitamin, membersihkan lubukan, hingga branding ke pembelimu.

 

5.      Membuat Akun Sosial Media Bisnis

Agar semakin diminati dan menjadi portofolio bisnismu, kamu perlu membuat akun sosial media seperti, Instagram bisnis, Facebook Page, Youtube Channel, Tiktok bisnis atau website. Pilih nama dan logo yang unik, pastikan tidak plagiat ya! Selain itu rajin-rajinlah upload sebab di era digital ini orang-orang mencari informasi lewat internet. Manfaatkan peluang itu!

 

6.      Membuat Giveaway

Setelah memiliki akun sosial media bisnis, kamu bisa membuat giveaway. Tujuannya agar bisnis kamu semakin dikenal dan dipercaya oleh target peminatmu sehingga menghasilkan keuntungan.

 

7.      Menjadi Sponsor

Mungkin ini yang jarang diketahui banyak orang. Menjadi sponsor artinya kamu mendukung sebuah acara atau event percupangan. Dengan begitu kamu mampu menarik lebih banyak pembeli. Caranya bagaimana ? Kamu tergabung dengan sebuah forum dan mendaftarkan diri dan membayar sejumlah uang. Ssstt . . . Kamu bisa loch pakai ikan kamu menjadi sponsor.

 

8.      Mengajak Peminat Mengunjungi Farmmu

Jika kamu memiliki tempat bisnis sendiri seperti di ruko atau rumahmu, ajak mereka bertemu. Tujuannya apa ? Agar mereka bisa melihat real ikan cupang kamu, tawar menawar dan berbagi pengalaman.

 

Bagaimana ?

Siap menjadi pembisnis ikan cupang terkeren di Indonesia ?

Segera ambil kesempatanmu di masa pandemic ini.

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar